FIMO (Revolution ver. 1)

FIMO (Revolution ver. 1)

FIMO adalah maskot dari Forum Ilmiah Matematika Nasional yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2013. Berbentuk daun dengan tangan dan kaki, serta bertopi toga. Tulisan “FIM UNNES” tersemat dalam selendang warna kuning. Tapi, tahukah anda arti-arti dari setiap bagian dari FIMO?
Berikut kami akan membahas apa saja filosofi dari setiap bagian FIMO.

  1. Berbentuk daun.
    Forum Ilmiah Matematika Nasional dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika Universitas Negeri Semarang yang notabene adalah universitas konservasi. Warna segar hijau daun mendeskripsikan bahwa olimpiade matematika ini ada di kampus konservasi. Konservasi di sini berarti upaya pelestarian atau perlindungan bukan hanya lingkungan alam saja, namun juga pelestarian pola pikir serta kepribadian yang lebih baik.
  2. Tangan Merentang
    Sebagaimana yang telah dijelaskan pada poin 1, Unnes sebagai universitas konservasi, FIMO mengajak kepada para penerus bangsa khususnya para peserta olimpiade matematika untuk mempunyai jiwa konservasi. Hal ini sangat baik, mengingat skil yang dimiliki peserta akan menjadi lebih mulia dan bermanfaat untuk masyarakat bila disertai dengan kepribadian yang baik.
  3. Toga
    Toga dipakai ketika seseorang mendapatkan kelulusan dari sebuah sistem akademik. FIMO menggunakan toga menunjukkan bahwa Forum Ilmiah Matematika Nasional Unnes ini berasaskan pendidikan yaitu bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa melalui ajang Olimpiade Matematika Nasional.
  4. Selendang Kuning “FIM UNNES”
    Selendang bertuliskan “FIM UNNES” melambangkan kegiatan yang sedang kita lakukan, warna kuning menunjukkan sebuah optimisme terhadap masa depan Olimpiade Matematika Unnes yang lebih baik, masa depan peserta Olimpiade yang lebih sukses. Secara umum, selendang menunjukkan FIM Unnes menghasilkan juara-juara Olimpiade Matematika yang berkualitas dari setiap jenjang pendidikan di Indonesia.